Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Shin Tae-yong, Ini Rahasia Kemenangan Timnas Indonesia Melawan Malaysia

Shin Tae-yong, Ini Rahasia Kemenangan Timnas Indonesia Melawan Malaysia

Timnas Indonesia sukses menekuk Malaysia dengan skir telak 4-1 pada laga terakhir grup B Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Singapura.

Gol-gol Timnas Indonesia diciptakan oleh Irfan Jaya (dua gol), Pratama Arhan, dan Elkan Baggott. Sementara satu gol balasan Malaysia dicetak oleh Kogileswaran Raj.

$ads={1}

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan rahasia kemenangan timnya menekuk Malaysia. Ia meminta para pemain untuk tetap fokus dan tetap percaya diri meski kebobolan lebih dulu. 

“Sebelum kami datang ke stadion, saya memberi tahu tim bahwa meskipun kami kebobolan gol pertama, pastikan mereka tidak panik dan bermain dengan percaya diri”

“Saya juga menekankan untuk tidak kalah dalam duel dan berjuang keras untuk setiap bola jadi saya sangat senang melihat tim muda ini menunjukkan kemajuan dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya.”

Tim Garuda kemudian mendapat tendangan penalti yang bagus sebelum Malaysia juga menolak banding yang kuat karena Safawi Rasid merasa dia didorong ke belakang di pertengahan babak.

Bagi Malaysia, ini adalah pertandingan yang mengecewakan karena runner-up 2018 ini harus tersingkir di babak penyisihan grup.

Pelatih Tan Cheng Hoe mengatakan dia wajar merasa kecewa dengan hasil buruk yang didapatkan malam ini.

“Kami tidak memiliki dua bek tengah malam ini. Kami kebobolan gol yang ceroboh.

Kami terjebak oleh gol cepat dan sekarang kami perlu mengatur ulang tim kami untuk pertandingan berikutnya dan kompetisi lainnya.”

Shin Tae-yong Selalu Berdiri ketika Timnas Bertanding

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki alasan tersendiri mengapa selalu berdiri di pinggir lapangan selama kejuaraan Piala AFF 2020, termasuk ketika membantai Malaysia 4-1 pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Namun, itu dilakukan bukan karena tegang, menurutnya itu adalah salah satu cara menunjukkan semangatnya kepada para pemain Timnas Senior Indonesia yang tengah berjuang di lapangan.

Adapun dalam pertandingan tersebut, Shin Tae-yong meminta Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bekerja keras dan tampil spartan sepanjang 90 menit.

Dengan konstan berdiri di touchline, itu menjadi caranya untuk tetap bersemangat seperti para pemain.

Dengan semangat yang ditunjukkan itulah Timnas Indonesia sukses melibas Malaysia 4-1. Kemenangan ini mengantarkan skuad Garuda lolos ke semifinal Piala AFF sebagai juara Grup B.

"Selama menjadi pelatih, saya hampir tidak pernah duduk di bench. Sama saja dengan hari ini. Selama 90 menit para pemain sangat bekerja keras, dengan begitu saya harus menunjukkan kerja keras saya juga kepada para pemain," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga Malaysia vs Indonesia.

"Ini salah satu kebiasaan saya dalam melatih sebuah tim, termasuk Timnas Indonesia," ungkap juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Di semifinal nanti, Evan Dimas dan kawan-kawan bakal berhadapan dengan runner-up Grup A Singapura. Adapun Vietnam sebagai runner-up Grup B bakal bertemu dengan juara Grup A Thailand.

X