Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kalah dari Timnas U-16 Indonesia, Pelatih Vietnam Salahkan Wasit

Pelatih Vietnam Salahkan Kepemimpinan Wasit

Pelatih timnas U-16 Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, tampak sangat kecewa dan terpukul seusai timnya takluk 1-2 dari timnas U-16 Indonesia.

Nguyen Quoc Tuan juga mengkritik kinerja sekaligus keputusan wasit Warrintorn Sassadee (Thailand).

Duel timnas U-16 Indonesia vs Vietnam merupakan laga pamungkas Grup A Piala AFF U16 2022 yang dihelat di Stadion Maguwoharjo pada Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Timnas U-16 Vietnam selaku tim tamu sebenarnya berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol penalti Nguyen Chong Puong pada menit ke-41.

Namun, timnas U-16 Vietnam gagal memanfaatkan keunggulan tersebut dan seperti kehilangan konsentrasi pada awal babak kedua.

Baca Juga: Dikalahkan Indonesia, Nasib Vietnam di Tangan Malaysia & Myanmar

Kebangkitan timnas U-16 Indonesia dimulai pada menit ke-51 ketika Arkhan Kaka Putra mencetak gol lewat tembakan keras kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Empat menit berselang, Stadion Maguwoharjo kembali bergemuruh untuk menyambut gol kedua timnas U-16 Indonesia yang dicetak oleh Muhammad Nabil Asyura (55').

Timnas U-16 Vietnam pada akhirnya harus mengakui keunggulan Indonesia setelah gagal mencetak gol penyeimbang hingga akhir laga.

Seusai pertandingan, Nguyen Quoc Tuan langsung mengkritik kinerja wasit Warrintorn Sassadee.

Secara khusus, Nguyen Quoc Tuan merasa sangat dirugikan karena Warrintorn Sassadee tidak mengesahkan gol kedua Vietnam.

"Selamat untuk Indonesia atas kemenangan yang mereka raih. Kami sudah berjuang di bawah tekanan fans tuan rumah," kata Nguyen Quoc Tuan.

Baca Juga: Pelatih Vietnam Yakin Timnya Lolos ke Final Piala AFF U16 2022

"Ada beberapa keputusan wasit yang tidak bagus. Wasit tidak mengesahkan gol kami," ujar Nguyen Quoc Tuan.

"Ketika kami mendapatkan keuntungan, wasit sering meniup peluit sehingga kami kehilangan kesempatan (menguasai bola)," tutur Nguyen Quoc Tuan menambahkan.

Timnas U-16 Vietnam memang sempat mencetak gol kedua lewat aksi Phan Thanh Duc Thien ketika pertandingan tersisa kurang dari lima menit.

Namun, wasit menganulir gol tersebut karena menganggap Phan Thanh Duc Thien melanggar kiper timnas U-16 Indonesia, Andrika Fathir.

Dalam tayangan ulang, bola memang masuk ke gawang timnas U-16 Indonesia setelah Phan Thanh Duc Thien menabrak Andrka Fathir.

Setelah kalah dari timnas U-16 Indonesia, Vietnam sebenarnya masih berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Namun, Vietnam tidak bisa menentukan nasibnya sendiri karena harus melewati jalur runner up terbaik dari tiga grup.

Itu artinya, Vietnam harus menunggu hasil matchday terakhir Grup C untuk melihat nasib mereka.

Adapun kemenangan atas Vietnam mengantar timnas U-16 Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 dengan status juara Grup A.

Dari tiga laga Grup A, timnas U-16 Indonesia asuhan Bima Sakti sukses mengumpulkan poin maksimal (9) dengan catatan mencetak 13 gol dan hanya kebobolan satu kali.

Lawan timnas U-16 Indonesia di semifinal Piala AFF U-16 2022 nanti adalah juara Grup C, di antara Malaysia, Kamboja, Myanmar.

.

Source: bolasport.com

X