Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Juara AFF U16: Staf Pelatih Timnas Indonesia Teriak "Lokal Pride!", Sindir Shin Tae-Yong?

Staf Pelatih Timnas Indonesia Teriak "Lokal Pride!"

Timnas Indonesia U-16 berhasil merengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam 1-9 dalam laga final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (13/8/2022) malam WIB.

Namun, di tengah euforia keberhasilan Garuda Asia merengkuh trofi juara, terdapat momen dalam perayaan gelar yang membuat warganet bertanya-tanya.

Dalam sebuah rekaman video yang diunggah akun TikTok @hendryrahmanja**, staf timnas Indonesia U-16 termasuk pelatih kiper Markus Horison kedapatan berteriak "Local Pride!".

"Local Pride" adalah kata atau frasa yang kerap digunakan masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kecintaan mereka terhadap karya, produk dan semua yang berasal dari anak bangsa sendiri.

Ungkapan yang diucapkan Markus Horison dan kawan-kawan nyatanya membuat warganet bertanya-tanya. Banyak yang menganggap itu merupakan sindiran terhadap pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong diketahui merupakan pelatih asal Korea Selatan yang telah ditunjuk PSSI menangani timnas Indonesia dari U-19, U-23 hingga senior sejak 2019.

Namun, selama menukangi timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum berhasil mempersembahkan gelar juara bagi tim Merah Putih. Salah satu prestasinya sejauh ini adalah meloloskan timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023.

“Ini Markus Horison dan staf lainnya teriak-teriak lokal pride maksudnya gimana, ya? Ini nyindir buat Pelatih Shin Tae-yong?" tulis akun @hendryrahmanjaya dalam video yang diunggahnya, Sabtu (13/8/2022).

@hendryrahmanjaya stop sindir menyindir. mau pemain lokal ataupun pemain keturunan, tetap 1 nama, INDONESIA!!! momentum di bulan hari kelahiran indonesia ayok saling jaga persatuan dan kesatuan.. #fyp #lokalpride #markus #markushorison #shintaeyong #staff #u16 #indonesia #pemain #pelatih ♬ suara asli - Hendry Rahman Jaya

"Mau orang luar negeri pun jika punya niatan baik untuk Indonesia, apa salahnya? Dan jika pemain, apa ga sadar ada Ji Da-bn yang half blood keturunan Korea dan pemain keturunan Indonesia lainnya?”

Unggahan akun @hendryrahmanjaya di TikTok pun mendapat banyak respons dari warganet. Beberapa dari mereka membela Shin Tae-yong yang dianggap mampu meningkatkan level timnas Indonesia terlepas belum mampu membersembahkan trofi.

"Kalau bukan STY (Shin Tae-yong), mana ada pelatih lokal sekarang yang bisa bawa Indonesia ke Piala Asia lagi?" tulis @denjirou**.

"Kemenangan yang ternodai dengan kata-kata itu," timpal @Fero**.

"STY tetap terbaik #savesty," tulis @Vallenthejaha**.

"Menodai kemenangan timnas," tulis @Outla**.

.

Source: suara.com

X