Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Dilibas Libya 4-0, Sudah Siapkan Timnas Indonesia di Piala Asia ?

Dilibas Libya 4-0, Sudah Siapkan Timnas Indonesia di Piala Asia ?

Timnas Indonesia harus mengakui kekalahan memalukan setelah dibungkam dengan skor 0-4 di laga uji coba pertama melawan Libya yang digelar di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, pada Selasa (2/1/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia diagendakan melakoni 2 laga uji coba melawan tim yang sama, Libya sebagai persiapan menuju Piala Asia 2023 yang sudah menanti. Laga kedua dijadwalkan pada tanggal 5 Januari di tempat dan waktu yang sama dengan laga uji coba pertama.

Kekalahan telak Skuad asuhan Shin Tae-Yong dari Libya di laga uji coba pertama ini memberikan isyarat tidak baik bagi pasukan Garuda menghadapi laga penyisihan grup di PIALA ASIA 2023 kali ini.

Pasalnya, Timnas Indonesia tergabung di grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang yang notabene merupakan tim yang jauh lebih tangguh dan lebih siap menantang skuad Garuda dibandingkan Libya.

Statistik Laga Timnas Indonesia vs Libya

Pada laga uji coba pertama ini Libya sukses menundukkan anak asuh Shin Tae-Yong dengan skor empat gol tanpa balas.

Empat gol Libya yang bersarang di gawang Timnas Indonesia dicetak oleh Ahmed Ekrawa pada menit ke-25, Omar Alkhoja pada menit ke-54, Nouradin Elgelaib pada menit ke-89, dan Alaa Alqijdar pada menit ke-90+2.

Di babak pertama, Timnas Indonesia menguasai jalannya pertandingan merujuk dari 60 persen penguasaan bola dan jumlah operan.

Timnas Indonesia membukukan 218 operan berhasil dari 254 percobaan, sementara Libya hanya 140 operan dari 180 percobaan.

Di paruh kedua, Timnas Indonesia masih mendominasi permainan dengan 61 persen penguasaan bola dan 403 operan berhasil.

Namun, Libya bermain lebih efektif. Armada Milutin Sredojevic itu merangkum delapan tendangan ke arah gawang berbanding empat milik Timnas Indonesia.

Pada babak kedua irama permainan Timnas Indonesia lebih baik. Umpan-umpan pendek antara Marselino, Jenner, hingga Adam Alis berlangsung smooth. Begitu pula Hubner yang dapat diandalkan sebagai ball playing defender.

Tetapi, Libya tampil disiplin. High pressure dari Ahmed Ekrawa dkk. memaksa lini belakang Timnas Indonesia berulang kali melakukan kesalahan.

Gol kedua Libya berawal dari blunder dari Jordi Amat. Begitu pula gol keempat. Hubner turut bikin kelalaian untuk gol ketiga lawan.

Persiapan menuju Piala Asia

Timnas Indonesia masih punya waktu sekitar dua pekan sebelum menjalani laga perdana di Piala Asia 2023.

Dalam jangka waktu dua minggu tersebut, Timnas Indonesia juga masih punya dua agenda uji coba. Timnas Indonesia bakal kembali melawan Libya pada 5 Januari dan bakal duel lawan Iran pada 9 Januari.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak di laga perdana pada 15 Januari. Setelah itu Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bakal bertemu Vietnam (19/1) dan Jepang (24/1).

X