Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Timnas Indonesia Layangkan Protes ke AFC, Hasil Pertandingan Tak Berubah

Timnas Indonesia Layangkan Protes ke AFC

Laga perdana Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar berakhir dengan kekalahan dngan skor 1-3 dari Timnas Irak.

Tiga gol kemenangan Irak dicetak oleh Mohamad Ali pada menit ke-18 ditambah gol Osamah jelang turun minum babak pertama yakni di menit ke-45+7, dan gol Aymen pada menit ke-74. 

Sementara satu-satunya gol balasan Timnas Indonesia di cetak oleh Marselino Pendinan pada menit ke-37 yang memaksimalkan umpan matang Yakob Sayuri di kotak penalti.

Gol kedua Irak dinilai berbau Offside, lantas keputusan wasit Tantashev Ilgiz mengesahkan gol kedua tersebut membuat Timnas Indonesia geram.

Baca Juga: Tanggapi Gol Kontroversial Irak, Marselino: Kami Tidak Beruntung 

Manajer Endri Erawan pun melayangkan protes keras ke Federasi Sepakbola Asia (AFC).

Ada kekecewaan besar dari Indonesia terkait gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid. Sebelum gol terjadi, ada kemelut di kotak penalti Indonesia dan itu berbau offside.

VAR sempat meninjau ulang, namun keputusannya malah memantapkan pengadil pertandingan untuk memberikan gol ke Irak. Endri tak terima dengan hal tersebut.

"Setelah pertandingan, kita resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kita sudah resmi melayangkan form protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," kata Endri kepada pewarta peliput Piala Asia.

Endri sadar kalau protes tersebut tidak bisa mengubah hasil pertandingan. Dia cuma mau langkah yang diambil ini sebagai bahan koreksi AFC terhadap kinerja wasit.

"Kita tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan, tapi setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," Endri menegaskan.


X